Friday 4 March 2016

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

Kayu manis merupakan salah satu jenis bahan makanan alami yang biasa ditambahkan pada aneka olahan makanan. Kayu manis sendiri didapatkan dari kulit batang manis tersebut. Sampai saat ini kayu manis menjadi salah satu sumber tambahan pada makanan yang tersebar di berbagai negara di dunia diantaranya seperti Amerika Serikat, Belanda, Jerman, dan banyak lagi.
Sejak jaman dulu kayu manis memang dikenal dengan banyak manfaat di dalamnya. Selain aroma dan rasa yang khas dari kayu manis, banyak orang yang memanfaatkannya untuk bahan aromaterapi karena memiliki kemampuan dalam memberikan dampak rileks untuk tubuh. Nah untuk mengetahui lebih lanjut lagi mengenai apa saja manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh, langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!
Berikut Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh
Berdasarkan penelitian dari University of Texas dalam jurnal Nutrition and Cancer menunjukkan bahwa kayu manis ini bisa membantu dalam mengurangi proliferasi sel kanker serta untuk membantu dalam mencegah penyakit kanker. Oleh sebab itu ketika Anda sedang memasak apabila perlu ditambahkan kayu manis maka jangan ragu untuk menambahkannya, melihat manfaat dari kayu manis membantu dalam mencegah penyakit kanker.
Membantu dalam Mengurangi Kolesterol LDL
Kolesterol LDL atau dikenal dengan kolesterol jahat dapatmenyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya. Untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh sebenarnya dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat seperti mengonsumsi buah, sayuran, menghindari makanan cepat saji, menghindari rokok, alkohol, dan juga istirahat yang cukup. Namun tahukah Anda bahwa kayu manis ini memiliki manfaat dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan manfaatnya tersebut membuat kayu manis ini memiiki manfaat untuk mencegah terjadinya serangan jantung.
Membantu dalam Mengatur Gula dalam Darah
Manfaat kayu manis berikutnya adalah membantu dalam mengatur gula dalam darah. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis ini memiliki kemampuan dalam mengatur gula dalam darah. Hal ini pastinya sangat cocok bagi mereka yang menderita penyakit diabetes. Nah bagi mereka yang memiliki riwayat diabetes, ada baiknya untuk menambahkan kayu manis ke dalam menu masakan yang mereka buat. Selain membantu dalam menjaga kadar gula dalam darah, kayu manis juga memiliki kemampuan dalam meningkatkan kadar energi supaya lebih stabil.
Membantu dalam Menjaga Saluran Pencernaan
Kayu manis ternyata tak hanya membantu dalam mengatur kadar gula di dalam darah, tetapi juga membantu dalam menjaga saluran pencernaan pada tubuh. Ini disebabkan di dalam kayu manis terdapat kandungan serat di dalamnya. Serat tersebut bermanfaat untuk membantu dalam menjaga sistem pencernaan pada tubuh. Dengan begitu membuat saluran pencernaan menjadi lebih lancar serta terhindarkan dari masalah pada pencernaan seperti sembelit maupun masalah lainnya.
Di dalam kayu manis terdapat zat kimia seperti cinnamaldehyde. Zat kimia tersebut berdasarkan penelitian membantu dalam meningkatkan hormone progesterone serta membantu dalam menurunkan produksi testosterone pada wanita. Dengan begitu membantu dalam menyeimbangkan hormone yang berhubungan dengan kesuburan.
Untuk manfaat lain dari kayu manis seperti membantu dalam mengurangi peradangan kronis, mengurangi resiko dari penyakit Parkinson, Alzheimer, dan banyak lagi.
Nah itulah tadi beberapa manfaat yang dimiliki dari kayu manis yang dapat Anda coba tambahkan pada menu masakan Anda. Dengan melihat manfaat yang dimiliki, tak heran jika banyak produk kecantikan saat ini juga menggunakan kayu manis sebagai bahan tambahan.

Baca











No comments:

Post a Comment